23/06/15

Tubuh Sehat, Hidup Mantap

Banyak orang kesal dengan ukuran tubuhnya yang katanya “kegedean”, bahkan tak jarang dengan ukuran yang bila dilihat orang lain sudah idealpun masih sering terdengar keluhan dari si empunya tubuh. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah dengan pedulinya mereka terhadap ukuran tubuhnya berarti mereka juga memperhatikan kesehatan tubuhnya itu? Tidak selalu.

Orang-orang terlalu terlena untuk menurunkan berat badan sebanyak mungkin dengan waktu sesingkat mungkin. Mungkin ini perihal “kalo bisa turun cepat kenapa harus nyobain yang lama?” Ya, bisa saja berat badan mereka turun seketika. Namun sama dengan hal-hal lainnya di kehidupan ini, sesuatu yang didapat dengan instan akan berlangsung dan berakhir dengan instan pula. Apalagi ditambah dengan kerugian yang akan diterima tubuh itu sendiri seiring dengan berjalannya waktu, dan pada akhirnya akan mengganggu seseorang dalam beraktivitas.

Oleh karena itu, pada tajuk “TIKUS (Tips Khusus untuk Semua)” kali ini, kami akan memaparkan kepada para pembaca tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan agar memiliki tubuh yang sehat. Let’s check this out then:

Minum Air
Bangun tidur ‘ku terus mandi..”.  Begitulah sebaris lirik dari lagu anak-anak yang pasti tak asing lagi di telinga kita. Tapi tahu apa yang lebih superb lagi, kawan? Minum air putih! Mungkin kamu akan bertanya, kalau habis mandi kan gapapa. Iya sih, ini hanya untuk menghindari diri ke toilet berkali-kali, karena waktu adalah uang, dan uang adalah se-ga-aa.. Stop! Pokoknya minum air putih di pagi hari itu sangatlah bermanfaat bagi kesehatan, misalnya untuk memperbarui organ otot dan sel-sel darah di tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh, melancarkan buang air besar, mengontrol berat badan, dan masih banyak kelebihan-kelebihan lainnya. Selain itu dalam seharinya, minumlah air putih sebanyak minimal 2 liter atau 8 gelas. 

Makanlah Lebih Rutin
Maksudnya opo e?” Eits, jangan salah sangka dulu. Tidak masalah mau makan 4 sampai 6 kali sehari asalkan tetap dalam porsi yang kecil. Survei membuktikan kalau ini lebih baik dibandingkan dengan makan 2 atau 3 kali saja tapi dengan porsi seperti orang kelaparan, alias banyak sekali. Ini juga berguna bagi kamu yang ingin melakukan diet. Salahnya sebagian orang adalah sudah sering makan, dengan porsi yang besar pula lagi. Salah!

Pilihlah Makananmu Dengan Bijak
Biasakanlah mengonsumsi makanan yang dibutuhkan tubuhmu, bukan sekedar mengisi kekosongan dalam perut. Artinya ketika lapar janganlah hanya memakan cemilan atau makanan instan yang mengandung bahan pengawet dan zat-zat kimia lainnya yang membahayakan bagi kesehatan (seperti kanker), melainkan konsumsilah makanan-makanan yang bergizi dan sehat yang pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, gandum, dan lain sebagainya.
FYI, konsep “Empat Sehat Lima Sempurna” telah diganti dengan “Pedoman Gizi Seimbang” karena dianggap tidak cocok lagi bagi masyarakat.

Yuk, Berolahraga Kapan dan Dimana Saja
Untuk kamu yang sering komplain tidak punya waktu untuk berolahraga, tidak ada alat dan sarana yang bisa menunjangmu berolahraga dan kalaupun ada itu butuh duit, jangan khawatir. Olahraga itu tidak harus nge-gym di fitness center, berenang di kolam renang, main bulutangkis di lapangan outdoor, dan lain-lain yang membutuhkan alat dan sarana yang tidak semua orang memiliki akses untuk itu, karena sejatinya olahraga itu mudah dan murah untuk dilaksanakan. Jogging atau lari-lari berkeliling di luar adalah salah satu contohnya. Kalau kamu sedang berada di kamar, sit up dan push up lah secukupnya. Ga punya treadmill? Malas ke fitness center atau lari-lari di luar? Lari-lari di tempat saja! Bosen? Mau yang seru? Waktuin larimu dengan lagu atau extreme nya per album, terus istirahat, lanjutkan lagi. Pengen badminton-an tapi ga tau dimana dan ga ada lawan main? Main bareng dinding kamar saja, bisa! Senam dengan bantuan media? Ayok! Haha, inilah beberapa contoh olahraga yang sederhana dan mudah untuk direalisasikan. Tapi ya adakalanya kita berolahraga di tempat selayaknya dan dengan fasilitas yang sudah ada. Jadi, masih mencari-cari alasan untuk tidak berolahraga? Ter-la-lu!

Mari Refreshing!
Berangkat ke kampus naik kendaraan, duduk. Nyampe di kampus kuliah, duduk. Selesai ngampus nongkrong, duduk. Makan, duduk. Baca buku, duduk. Nonton teve, duduk. Main laptop, duduk. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar waktu yang dihabiskan oleh kita, khususnya mahasiswa, adalah duduk! Maka dari itu, di sini kami menganjurkan kamu-kamu untuk refreshing. Ke mana kek, muter-muterin mall, candi, museum, toko buku (bacanya berdiri ya!), nonton konser, atau mendaki gunung di akhir pekan (untuk tipsnya baca TIKUS di Sengkuni edisi bulan lalu ya, kawan). Selain meminimalisir porsi duduk kita, tentunya ini juga bermanfaat untuk menghindari diri dari stress dan meng-happy­-kan kita yang sudah cukup sering dilanda kegalauan. Oops. Namanya juga refreshing ya.

Tidur Yang Cukup
Secara umum kurangnya waktu tidur akan memperlambat kinerja dan menurunkan konsentrasi kita dalam beraktivitas. Untuk kesehatan akan berdampak buruk bagi kita karena beresiko untuk mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan durasi tidur yang cukup tersebut? Sekitar 7 - 8 jam sehari. Dan perlu ditegaskan, tidak hanya waktu tidur yang kurang saja yang berbahaya bagi kesehatan, tidur yang berlebihan pun juga berefek negatif sama halnya dengan kekurangan tidur. Jadi, aturlah waktu tidurmu dengan baik dan pertahankanlah hingga menjadi kebiasaan yang sehat setiap harinya.

So, how hard can it be to have a healthy body, or even an ideal one?

***

tulisan ini dibuat pada bulan Oktober 2014 dan
dimuat dalam buletin Sengkuni edisi Oktober 2014 Majestic-55 FH UGM 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar