21/02/16

Stuck in a moment you can't get out of

Saat aku terbangun dari alam mimpi di siang bolong yang membuat sekujur tubuhku berkeringat dan mengguncang detak jantungku, aku tahu, pada sejak saat itu aku harus mengubah hidupku.

Aku tidak tahu pasti apa yang harus diubah dari hidupku, atau diriku, karena yang aku tahu setiap orang -tanpa perlu merencanakannya- akan selalu mengalami perubahan dalam hidupnya.

Entah itu menuju arah yang positif atau negatif, masing-masing orang pasti memiliki lika-liku dalam perjalanan hidupnya. Tergantung bagaimana ia membawa diri ke dalam lingkungan dan kemana pula arus lingkungan itu membawanya. Hanya orang itu yang tahu dan hanya orang itu yang mampu mengendalikan, lalu menyaring segala yang menghampiri dirinya, hingga membentuknya menjadi dirinya yang sekarang, yang tanpa batas. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang terus berkembang sampai maut mengakhiri.

Aku yang sepanjang hidupku tidak pernah merasa tertekan oleh mimpi -karena sebelumnya menurutku mimpi hanyalah mimpi- menjadi gusar dibuatnya. Maksudku pada hari itu, yang kulakukan setelahnya hanya diam dan mencoba merenunginya, mungkin lebih tepatnya melamun. Dan dari hasil pelamunan itu, tak ada satu pencerahan pun yang kudapatkan.

Hingga dingin malam menusuk kulitku, menyadarkanku dari lamunan yang panjang. Setelah sadar dari mimpi, sadar dari lamunan pula, pikirku. Betapa kompleks hidup ini bagi setiap jiwa yang terjebak di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar